Senin, 09 Desember 2013

Srtuktur Organisasi Pada Water Mold

Semua protista dahulu diklasifikasikan dalam satu kingdom tunggal yaitu protista. Namun, kemajuan dalam sistematika eukariotik telah menyebabkan kigdom itu runtuh. Sekarang sudah jelas bahwa sesungguhnya protista itu polifiletik. Beberapa protista lebih dekat dengan tumbuhan, fungi, atau hewan dibandingkan dengan sesama protista. Akibatnya kingdom protista telah “diabaikan”, dan berbagai garis keturunan protista kini dikenal sebagai kingdom-kingdom tersendiri. Kebanyakan ahli biologi masih menggunakan istilah protista, namun hanya untuk memudahkan saat mengacu pada eukariota yang bukan tumbuhan, hewan, maupun fungi (Campbell et al., 2012: 139).

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa eukariota mempunyai lima super group yaitu Excavata, Chromalveolata, Rhizaria, Archaeplastida, dan Unikonta. Salah satu super group yang menjadi perhatian penulis adalah super group Chromalveolata. Supergroup Chromalveolata kemungkinan berasal dari peristiwa endosimbiosis sekunder purba. Kelompok ini mencakup beberapa dari organisme fotosintetik yang paling penting di bumi, misalnya diatom. Chromalveolata juga mencakup alga coklat yang membentuk hutan bawah air, dan juga patogen-patogen seperti Plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria dan Phytopthora yang menyebabkan gagal panen kentang di Irlandia pada abad ke-19 (Campbell et al., 2012: 143)

Chromalveolata mempunyai tujuh grup yaitu Dinoflagellata, Apicomplexa, Cilliata, Diatom, Alga Pirang, Alga Coklat, dan Oomycetes. Pada makalah ini, pembahasan akan difokuskan khususnya pada grup Oomycetes (jamur air). Oomycetes mempunyai dampak ekologis yang cukup signifikan sebagai patogen. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu spesies dari Oomycetes yaitu Phytopthora infestans dapat menyebabkan penyakit hawar daun kentang (potato late blight). Penyakit tersebut menyebabkan gagal panen di beberapa negara misalnya Irlandia, Amerika, dan Rusia. Tidak hanya itu, penyakit tersebut juga menyebabkan satu juta orang meninggal dunia dan memaksa penduduk untuk meninggalkan negara mereka.

Berdasarkan sekuens gen 16S rRNA, semua makhluk hidup dapat dikelompokkan ke dalam tiga domain yaitu Bakteria, Arkhaea, dan Eukariota. Pembagian ketiga domain tersebut dapat direkonstruksikan sebagai “pohon kehidupan” atau “LUCA – Last Universal Common Ancestor”. Rekonstruksi pohon kehidupan ini sebagian besar didasarkan pada perbandingan sekuens gen – gen 16 S rRNA, yang mengkode bagian – bagian RNA ribosom (Campbell et al., 2012: 113-114; Madigan et al., 2012: 460). Fokus perhatian penulis adalah pada domain eukariota, Super Group (Super Kingdom) Chromalveolata, Klad Stramenopiles, khususnya Water Mold (Oomycetes).

Water mold adalah organisme eukariota bersel tunggal yang dikelompokkan ke dalam kingdom Protista (sekarang dimasukkan ke dalam Super Group Chromalveolata). Pada zaman dahulu water mold dianggap sebagai fungi, akan tetapi water mold dengan fungi sebenarnya memiliki banyak perbedaan. Water mold memiliki dinding sel dari selulosa, sedangkan fungi memiliki dinding sel dari kitin. Water mold memiliki sel berflagela, sedangkan fungi tidak. Dalam hal reproduksi, water mold mempunyai fase diploid yang dominan, sedangkan pada fungi mereduksi, dalam vase vegetatif dari pergiliran keturunannya, water mold memiliki inti diploid, sedangkan fungi memiliki inti haploid. Data dari sistematika molekular menegaskan bahwa water mold tidak berkerabat dengan fungi, justru kekerabatannya lebih dekat pada alga coklat. Meskipun water mold diturunkan dari nenek moyang yang mempunyai plastida, water mold tidak mempunyai plastida dan tidak melakukan fotosintesis. Sebagai gantinya, water mold mendapatkan nutrien sebagai pengurai atau parasit (Madigan et al., 2012: 598)

Makalah selengkapnya dapat Anda download di:

Powerpointnya dapat Anda download di: 

Selamat Belajar Semoga Sukses !

2 komentar:

JOGJA BELAJAR mengatakan...

Postingan water moldnya cukup lengkap, Makasih kakak.. :D

Unknown mengatakan...

Masama Kakak, jangan berhenti berkarya :D

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes