Kamis, 05 Desember 2013

Siklus Sel (Cell Cycle) dan Penyakit Sel Sabit (Sickle Cell)

Kontinuitas kehidupan didasarkan atas reproduksi sel atau pembelahan sel. Sel bereproduksi dengan cara menggandakan isinya dan kemudian memisahkannya menjadi dua sel anak. Sebelum melakukan pembelahan, sel harus mempersiapkan diri hingga dimungkinkan untuk membelah. Dua sel anak yang terbentuk akan tumbuh dewasa dan siap untuk melakukan pembelahan lagi. Hal tersebut berlangsung kontinyu sehingga dinamakan siklus pembelahan sel atau siklus sel (cell cycle). Jadi, dapat dikatakan bahwa siklus sel adalah duplikasi DNA yang sangat akurat di dalam kromosom kemudian memisahkan hasil duplikasi tersebut menjadi dua sel yang identik.

Siklus sel mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan. Fungsi siklus sel secara umum adalah untuk pertumbuhan (growth), perkembangan (development), perbaikan (repair), reproduksi aseksual (asexual reproduction), dan reproduksi seksual (sexual reproduction). Siklus sel dapat dibedakan menjadi dua cara yaitu mitosis dan meiosis. Pada makalah ini akan dibahas mengenai mitosis saja.

Sel mempunyai sistem kontrol otomatis dalam menjalani siklusnya, sehingga sel dapat mulai membelah dan berhenti membelah pada waktu yang tepat. Namun, seiring perkembangannya, sistem kontrol sel dapat rusak, sehingga sel dapat mengalami berbagai macam perubahan, misalnya mutasi genetik. Mutasi biasanya bersifat merugikan karena dapat menimbulkan suatu kelainan atau penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh mutasi dan juga kelainan autosomal adalah penyakit sel sabit (sickle cell), dimana hemoglobin sel darah merah tidak mampu untuk mengikat oksigen. Pembahasan mengenai siklus sel (cell cycle) dan penyakit sel sabit (sickle cell) merupakan hal yang menarik dalam makalah ini.

Makalah siklus sel (cell cycle) dan penyakit sel sabit (sickle cell) ini dapat Anda download secara gratis di link berikut:

Sedangkan PPT (powerpoint) dari makalah ini dapat Anda download di:

Selamat belajar, semoga sukses !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes