Sabtu, 18 Mei 2013

TEKNOLOGI DNA REKOMBINAN



Oleh:
(H.B.A Jayawardana, S.Pd.Si., Andy Maryam, S. Si., Nurul Imtihan, S. Pd.Si.)
Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
2013

PENDAHULUAN

Perkembangan bioteknologi sekarang ini sudah semakin pesat terutama di negara-negara maju. Penerapan bioteknologi di bidang pangan dengan menggunakan teknologi DNA rekombinan (TDR) menghasilkan tanaman dan produk unggul karena mengandung zat gizi yang berkualitas tinggi dibandingkan tanaman biasa, serta lebih tahan terhadap hama penyakit dan tekanan lingkungan.  Teknologi DNA rekombinan adalah rekayasa genetika untuk menghasilkan sifat baru dengan cara merekombinasikan gen tertentu dengan DNA genom.

Teknologi DNA rekombinan mempunyai dua manfaat yaitu pertama, dengan mengisolasi dan mempelajari masing-masing gen akan diperoleh pengetahuan tentang fungsi dan mekanisme kontrolnya. Kedua, teknologi ini memungkinkan diperolehnya produk gen tertentu dalam  waktu lebih cepat dan jumlah lebih besar daripada produksi secara konvensional. Pada dasarnya upaya untuk mendapatkan suatu produk yang diinginkan melalui teknologi DNA rekombinan melibatkan beberapa tahapan tertentu.

Tahapan-tahapan tersebut adalah isoasi DNA genomik yang akan diklon, pemotongan molekul DNA menjdi sejumlah fragmen dengan berbagai ukuran, isolasi DNA vektor, penyisipan fragmen DNA ke dalam vektor untuk menghasilkan DNA rekombinan, transformasi sel inang menggunakan molekul DNA rekombinan, reisolasi molekul DNA rekombinan dari sel inang, dan analisis DNA rekombinan. Pada makalah ini secara khusus akan membahas mengenai Prinsip-prinsip Dasar dalam Teknologi DNA Rekombinan, Aspek-aspek dalam Teknologi DNA Rekombinan, Bahan molekular dalam Teknologi DNA Rekombinan, Sel Inang, Macam-macam Vektor, Macam-macam Metode Transfer Gen, Strategi Pengkloningan Gen, Teknik-teknik dalam DNA Rekombinan, Produksi Antibodi Monoklonal, Pustaka Genom, Site-directed Mutagenesis dan Rekayasa Protein.

Makalah lengkap dapat anda download di link berikut: download lengkap artikel teknologi DNA rekombinan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes