Sabtu, 20 Oktober 2012

IPA SD: Daur Hidup Hewan


Setiap hewan pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan terjadi di seluruh bagian tubuhnya. Biasanya pertumbuhan dan perkembangan ini diawali dari proses fertilisasi (pembuahan). Perkembangbiakan hewan secara kawin maupun tidak kawin akan mengalami masa pertumbuhan menuju dewasa yang dikenal dengan istilah daur hidup.

Daur hidup hewan dimulai dari telur sampai menjadi dewasa. Daur hidup hewan ada yang mengalami metamorfosis (perubahan bentuk) dan ada pula yang tidak mengalami metamorfosis. Hewan dikatakan mengalami metamorfosis jika dalam daur hidupnya mengalami perubahan bentuk yaitu bentuk hewan muda sangat berbeda dengan hewan dewasanya. Metamorfosis dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna (holometabola) dan metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola).

Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk hewan yang sangat mencolok dari bentuk hewan yang sederhana menjadi hewan dewasa dalam daur hidupnya. Metamorfosis sempurna memiliki empat fase (tahap) dalam daur hidupnya yaitu telur, larva, pupa (kepompong), dan imago (hewan dewasa). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah Kupu-Kupu, Lebah, Lalat, Semut, dan Nyamuk.

Metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk hewan yang tidak mencolok dari bentuk hewan yang sederhana menjadi hewan dewasa dalam daur hidupnya. Fase perkembangan pada metamorfosis tidak sempurna yaitu telur, larva, nympha (hewan kecil), dan imago (hewan dewasa). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah Belalang, Lipas, Capung, dan Jangkrik.

Masih banyak lagi ilmu yang dapat kita gali dari daur hidup hewan ini, untuk itu silahkan download gratis materi daur hidup hewan melalui link dibawah ini:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes