Senin, 15 Oktober 2012

IPA SD: Ciri Khusus Makhluk Hidup

Makhluk hidup, baik itu hewan ataupun tumbuhan mempunyai ciri-ciri khusus. Ciri-ciri khusus tersebut dapat berupa bentuk, habitat, adaptasi, tingkah laku, cara mendapatkan makanan, reproduksi, dan lain sebagainya.

Ciri khusus pada hewan yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya: Kelelawar dapat mengeluarkan gelombang ultrasonik, sehingga kelelawar mampu mendeteksi keberadaan mangsanya dengan tepat walau berada di tempat yang gelap; Cicak dan Tokek mempunyai zat perekat pada telapak tangan dan kakinya sehingga dapat menempel di dinding; Bebek mempunyai kaki berselaput sehingga dia mampu berenang; Unta mempunyai cadangan lemak di punuknya yang dapat diubah menjadi air, sehingga mampu hidup di daerah gurun yang panas; Bunglon mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna tempat dia berada, sehingga hewan lain tidak mudah untuk memangsanya.

Sedangkan ciri khusus pada tumbuhan misalnya: Teratai mempunyai daun yang tipis dan lebar, sehingga dapat terapung di atas permukaan air; Kaktus mempunyai lapisan lilin dan daunya termodifikasi menjadi duri-duri, sehingga dapat mengurangi penguapan; Kantong semar mempunyai enzim yang dapat mencerna hewan yang terperangkap di dalamnya; Venus Flytrap dapat menangkap hewan-hewan kecil yang hinggap di daunnya dan akan mencerna hewan tersebut dengan enzim khusus yang dimilikinya; Bakau mempunyai akar napas yang dapat membantu tumbuhan bakau bernapas dilingkungan yang berair.

Itulah contoh ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan tumbuhan dalam mempertahankan dirinya untuk dapat hidup dan berkembang biak. Untuk penjelasan yang lebih lengkap dan detail, Anda dapat mendownload materi tersebut melalui link di bawah ini. Semoga bermanfaat..


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes